In Indonesia Jalan-Jalan Keluarga

Mau Mudik Aman dan Nyaman? Spooring dan Balancing Ban Dulu


Seringkali di dalam berkendara mobil kita merasa tidak nyaman. Salah satu faktornya yaitu kondisi jalan yang tidak baik dan jalan yang berlubang. Keadaan seperti itu bisa mengakibatkan cepat berubahnya posisi presisi roda yang menimbulkan ketidaknyamanan. Maka dari itu perlu dilakukan servis spooring dan balancing ban mobil dengan segera agar tidak berdampak lebih fatal — terutama sebelum anda dan keluarga melakukan perjalanan mudik yang cukup panjang.

Spooring dan balancing sangatlah penting untuk menjaga kestabilan mobil dan memaksimalkan radius putar. Umumnya setiap 10.000 kilometer atau dalam jangka waktu enam bulan, bersamaan dengan jangka waktu servis berkala, mobil anda harus segera dilakukan spooring dan balancing.

Aksi Mesin Hunter Hawkeye dari PT. Himawan Putra (Distributor Tunggal)


Wheel Alignment (Spooring)

Simak video aksi mesin spooring merk Hunter Hawkeye dari PT. Himawan Putra dibawah ini:




Spooring adalah salah satu kegiatan untuk penyetelan pada roda (wheel alignment) guna menyelaraskan antara roda bagian kanan dan roda bagian kiri. Kegiatan spooring untuk roda bagian depan meliputi chamber, caster, toe (toe-in/toe- out), dan juga radius putar. Kemudian untuk roda bagian belakang meliputi chamber, toe (toe-in/toe- out). Sedangkan, roda kendaraan adalah salah satu komponen utama untuk melakukan peredaman, dan juga arah gerak kendaraan.

Keseimbangan roda semakin berubah bersama dengan gaya sentrifugal yang dihasilkan lewat gaya tarik dan putar. Tak hanya itu saja, salah satu faktor penyebab berubahnya keseimbangan pada roda juga dipengaruhi oleh perubahan kondisi suspensi, kontur jalan dan juga velg. Oleh karena itu, balancing harus dilakukan guna menjaga keseimbangan pada roda.

Spooring tujuannya adalah untuk menyelaraskan roda bagian depan kanan dan kiri. Dengan dilakukan spooring maka stabilitas kendaraan anda bisa menjadi lebih terjaga. Diantaranya seperti setir yang menjadi ringan, menjaga gaya putar sesudah belok dan juga bisa untuk mencegah kendaraan belok sendiri setelah dilepaskan. Dengan begitu kendaraan anda akan terasa lebih nyaman.

Wheel Balancing

Balancing termasuk salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menjaga keseimbangan ke 4 roda pada mobil melalui wheel balancer. Biasanya baru mulai terasa bila kita berkendara pada kecepatan 90-100 Km/Jam atau bahkan lebih. Alat itu akan menentukan titik berat di bagian roda dan juga besaran beban yang sebaiknya diberikan pemberat (weight balancer) pada roda supaya bisa seimbang lagi. Jika mobil telah melakukan balancing, maka roda bagian depan dan belakang mobil anda bisa menjadi parallel. Untuk mengetahui titik berat yang tidak balance/seimbang dilakukan dengan menggunakan alat wheel balancer. Kemudian roda juga akan diberi pemberat timah atau weight balance yang akan dipasang pada bagian pelek roda, disesuaikan dengan beban yang diperlukan.

Jadi apabila kemudi mobil anda terasa membuang ke kiri atau ke kanan, itu merupakan salah satu tanda tanda apabila mobil Anda harus melakukan spooring dan balancing. Untuk mengenali gejala ban/roda yang keadaannya sudah tidak baik lagi dan dapat anda rasakan ketika Anda menyetir. Biasanya kemudi akan terasa bergetar ketika digunakan untuk berjalan, dan ban akan menarik ke salah satu arah. Maka segera lakukan spooring dan balancing agar kenyamanan berkendara anda lebih terjamin.


PT. Himawan Putra, yang sudah melayani industri otomotif di Indonesia sejak 1983, adalah distributor tunggal mesin spooring bermerk Hunter Hawkeye. Berikut spesifikasi dari salah satu mesinnya (anda bisa klik gambarnya):

PT. Himawan Putra

Cari partner bengkel resmi untuk spooring dan balancing ban mobil anda disini: http://himawanputra.com/partners/


PT. Himawan Putra


--------------------------------------------------------------------------------------------------------
Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh PT. Himawan Putra. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Related Articles

0 comments:

Posting Komentar