In Cinta Produk Indonesia Indonesia Pendidikan Teknologi

Bisakah Kita Hidup Tanpa Kertas?

Selamat siang
Seiring perkembangan zaman, kini dunia mulai berubah ke paperless. Paperless merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk mengurangi penggunaan kertas, akan tetapi bukan menghilangkan pemakaian kertas sama sekali. Paperless ini juga menjadi salah satu perwujudan peduli lingkungan. Seperti yang kita semua ketahui, kertas dibuat dari kayu. Dalam hal ini berarti semakin banyak kebutuhan terhadap kertas, maka semakin banyak pohon pula yang harus ditebang.

Penebangan pohon yang dilakukan secara terus menerus ini berdampak pada kerusakan lingkungan. Lingkungan yang rusak tentu saja berpengaruh pada kelangsungan makhluk hidup. Tak hanya itu, kerusakan lingkungan juga berakibat pada perubahan iklim dan juga global warming. Melihat kenyataan ini, memang perlu usaha semaksimal mungkin agar terhindar dari penggunaan kertas yang berlebih. Akan tetapi, bisakah kita hidup tanpa kertas? Nyatanya tidak bisa.

Pentingnya Kertas Dalam Kehidupan

Kertas memang sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari. Pemakaian kertas pun semakin meningkat di mana-mana. Bisa kita bayangkan, kantor, kampus, sekolah, dan berbagai tempat lainnya menggunakan banyak kertas untuk segala keperluan, seperti memo, notulensi, buku tulis, coret-coretan, skripsi, hingga dokumen laporan. Dengan kata lain, penggunaan kertas tidak bisa dihilangkan. Bahkan dengan munculnya beragam teknologi canggih yang membantu meringankan pekerjaan kita pun tidak bisa sepenuhnya menghilangkan pemakaian kertas. Lebih jelasnya, berikut beberapa alasan kita tidak bisa hidup tanpa kertas.

Tulisan Dengan Tangan Mampu Merangsang Otak

Tulisan langsung dengan tangan terbukti mampu merangsang otak. Hal ini dijelaskan oleh Indiana University yang menemukan bahwa menulis freehand mampu merangsang otak dalam tiga bidang. Selain itu, menulis freehand mempunyai efek yang sama pada otak sebagai meditasi. Hal ini bisa anda dapatkan ketika menulis di kertas dan bukanlah menulis dengan cara mengetik di smartphone Adroid, laptop, ataupun PC.

Tulisan Dengan Tangan Mampu Meningkatkan Pembelajaran

Perlu untuk anda ketahui, apabila anda menulis langsung dengan tangan, anda sebenarnya telah berupaya meningkatkan pembelajaran pada diri anda sendiri. Hal ini dijelaskan pada sebuah penelitian yang dilakukan di Princeton dan UCLA. Penelitian tersebut menemukan bahwa siswa terbukti bisa belajar lebih baik saat mengambil catatan dengan tangan. Para ilmuwan menyebutnya sebagai konsep pemetaan. Catatan tangan ini jelas bisa diwujudkan dalam kertas. Peningkatan pembelajaran ini tentu sangat berguna pada diri kita di berbagai bidang. Adapun salah satunya ialah dalam bidang periklanan untuk menghasilkan karya supaya mendatangkan klien baru.

Tulisan Dengan Tangan Mampu Menghasilkan Ide

Berbeda halnya dengan mengetik, anda bisa hadirkan banyak ide lain ketika anda menulis dengan tangan langsung di kertas. Hal ini dibuktikan pada studi Universitas Washington. Dalam studi tersebut dijelaskan bahwa saat anak menulis teks dengan tangan di kertas, anak-anak tersebut selalu konsisten untuk menghasilkan kata-kata yang lebih banyak dan lebih cepat daripada anak-anak yang melakukannya dengan keyboard. Selain itu, anak-anak yang menulis langsung dengan tangan mampu menerima ide-ide lain.

Tulisan Dengan Tangan Mampu Meningkatkan Kecerdasan

Tulisan yang dibuat dengan tangan mampu membuat kita lebih pintar. Psychology Today telah membuktikannya dan menemukan segudang manfaat kognitif yang didapat dari menulis dengan tangan. Hal ini juga termasuk membandingkan efek pada otak untuk bermain musik. Perlu untuk anda ketahui, menulis dengan tangan juga termasuk hal yang menyenangkan. Hal ini tentu saja tidak bisa anda temukan ketika mengetik.

Selamat siang

Related Articles

0 comments:

Posting Komentar